Jajanan Jakarta

Jajanan Jakarta yang mau saya ulas kali ini bukan jajanan jaman now ya tapi jajanan tempo dulu yang saat ini agak susah ditemukan

Jajanan pertama yaitu Asinan Abang Abang yang merupakan kesukaan saya.FB_IMG_1534762429685

Asinan ini dijajakan dengan gerobak yang mempunyai dengan bunyi   khas. Asinan ini terbuat dari irisan kol, irisan wortel, tauge dan sawi asin yang masing masing direndam air garam. yang disimpan dalam toples toples kaca.

Irisan sayuran tersebut kemudian disiram kuah kacang dan juga gula merah cair. Kerupuk sagu berwarna merah dan kerupuk mie ditaburkan pada asinan ini sebagai pelengkap.

Asinan ini bisa dikategorikan jenis salad. Saya mempunyai kebiasaan unik dalam mengkomsumsi asinan ini. Asinan saya dinginkan dulu di lemari es baru kemudian saya nikmati, rasanya segar deh..

Jajanan berikutnya adalah kue Rangi yang juga jajanan favorit saya.FB_IMG_1534762569122

Kue Rangi atau sering disebut sagu rangi merupakan salah satu kue khas tradisional Betawi. Kue dari campuran kelapa muda yang diparut kasar dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah atau disebut kinca gula merah yang dikentalkan dengan sedikit sagu.

Rasanya kue ini gurih karena campuran sagu dan kelapa dan manis dari kinca gulanya, cocok buat teman minum teh atau kopi di sore hari.

Kue Rangi ini dimasak dengan cetakan khusus diatas open kayu bakar.

Menurut abang penjualan nya kue ini harus dibakar dengan kayu bakar agar matangnya pas.

Dua jajanan favorit ini sekarang makin susah ditemukan. Saya termasuk beruntung karena penjual jajanan ini masih lewat di depan rumah.

Iklan

60 tanggapan untuk “Jajanan Jakarta

  1. Mba Ifa kita punya kesukaan makanan yg sama. Saya juga suka bangettt sama Asinan keliling itu. Duh saya bahkan sampe pengin ngucapin terima kasih sama si “penemu” asinan itu, soalnya enak banget heeheh. terus sehat lagi banyak sayurannya 🙂

    Suka

  2. Kue rangi enak tapi kok saya jarang nemuin sekarang. Asinan kurang suka alasannya karena kerupuknya di celupin. Karena menurut saya kerupuk itu garing klo di celupin bukan kerupuk lagi hehe.

    Suka

  3. Aku suka kue rangi sayangnya nggak pernah ada yang lewat di depan rumah. Sering beli rangi di kakek2 yang suka lewat depan kantor pas sore2 tapi sayangnya udah lama nggak liat jualan juga 😢
    Btw nanggung banget mbak bahas jajanannya cuma dua

    Suka

  4. Kue rangi dan asinan sayur, ini legend banget yah, Kak Ifa. Biasanya ketemu pedagang kue rangi tapi sekarang susah dapet yang pake kinca gula merah, cuma pake gula pasir aja. Hiks, lucky you to have those in front of your house 😊😊😊

    Suka

  5. Asinan, aduh enak banget. Segar gitu. Bedanya asinan jakarta dan asinan bogor apa ya Kak Ifa? Btw, di pasar deket rumahku masih ada penjual kue rangi

    Suka

  6. Duh ngiler kue rangiii 😍😍😍 tapi sekarang kayaknya jarang banget yang jual.. kalo asinan sayur aku blm pernah beli.. haha.. paling sering makan asinan yang dibawain teman dari bogor.

    Suka

  7. aku baru tau kue rangi itu khasnya betawi, pertama makan justru di bogor deket btm. aku salfok ke krupuk kuning disiram bumbu asinannya. dulu pas sd srg bgt beli, skrg abangnya g ornh lwt lagi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s