Wisata Damai ke Gereja Katedral

Sebenarnya sudah lama sekali saya memendam keingin-tahuan pada Gereja bersejarah ini. Saya sangat menyukai arsitekturnya. Selama ini saya rajin mengikuti siaran langsung missa Natal yang dilangsungkan di Gereja bersejarah ini. Saya sendiri seorang muslim, tapi saya sangat tertarik untuk mengenal agama lain termasuk tempat peribadatannya, kenapa? Karena bagi saya tempat peribadatan adalah tempat orang mencari kedamaian sesuai dengan agama yang dianutnya. Jadi bagi saya tempat beribadah adalah tempat yang penuh kedamaian. Dan saya cinta Damai…ehm.

FB_IMG_1525620110285

Gereja Katedral adalah salah satu bangunan bersejarah peninggalan pemerintahan Belanda.

Bangunan yang bergaya arsitektur Neo Gothic ini dirancang oleh Pastor Antonius Dijkmans dan peletakan batu pertamanya oleh Carolus Wenneker. Pekerjaan pembangunan gereja ini kemudian dilanjutkan oleh Cuypers-Hulswit dan selesai pada 21 April 1901.

Bangunan gereja yang sekarang ini bukanlah bangunan yang pertama karena bangunan aslinya yang diresmikan pada Februari 1810, mengalami musibah kebakaran. Pada tanggal 31 Mei 1890 gereja ini sempat roboh juga.

Gereka Katedral ini juga mempunyai nama lain atau nama setelah pemberkatan yaitu Santa Maria Diangkat Ke Surga. Kenapa gereja ini dinamakan gereja Katedral karena didalamnya terdapat cathedra atau Tahta Uskup.

Saya pribadi sangat menyukai bangunan bangunan bersejarah apapun gaya arsitekturnya. Oh ya uniknya pekerjaan konstruksi bangunan gereja ini dikerjakan oleh seorang tukang batu dari Kwongfu, China.

FB_IMG_1525620140681

Ada 3 menara di gereja ini yaitu Menara Benteng Daud, Menara Gading dan Menara Angelus Dei. Menara menara ini terbuat dari besi,untuk bagian bawahnya dibuat di Netherland sedangkan bagian atas nya dibuat di bengkel Wilhelmina, Batavia.

Pada kesempatan ini saya juga mengunjungi Goa Maria yang berada di halaman samping gereja. Goa Maria ini didesign mirip dengan Goa Maria di Lourdes Perancis, setidaknya saya sudah mendapat sedikit gambaran tentang Goa Maria Lourdes, sebelum saya mendapatkan kesempatan berkunjung kesana.

FB_IMG_1525620100808

Saya juga menyukai koridor yang terdapat didalam gereja, jendela yang terbuat dari kaca patri di bagian atas, membiaskan cahaya warna warni yang cukup indah pada pagi .FB_IMG_1525620058313

Didalam komplek Gereja Katedral ini juga terdapat museum yang menyimpan buku buku dan benda benda bersejarah mengenai perkembangan agama Katholik, sayangnya saya tidak mendapat kesempatan melihat meseum ini karena sedang tutup.

Saya sangat terkesan ini kunjungan saya waktu itu, Gereja dengan Arsitektur yang indah dan dengan segala kedamaian didalamnya.

Setelah puas berkunjung di gereja ini, saya pun beranjak ke sebuah Vihara Budha yang berada di jalan Lao Tze pasar baru. Vihara ini juga punya keunikan sendiri loh…jadi tunggu tulisan saya yang berikutnya ya……salam

 

 

Iklan

65 tanggapan untuk “Wisata Damai ke Gereja Katedral

  1. Dari dulu pengen berkunjung kesini blm ke sampean. Ternyata di buka untuk umum ya Kak. Ada persyaratan khusus ga ka kesini. Cukup lapor satpam saja kah? Atau bagaimana?

    Suka

    1. Tidak ada persyaratan khusus, cukup lapor security itu saja. Kalau bisa jgn diwaktu ada missa rutin ya, kecuali memang dikau ikut missa..
      Datang deh, arsitekturnya keren loh

      Suka

  2. Ah thank banget tulisannya. Saya jadi inget waktu nge-trip ke Raja Ampat, dari sekian banyak tempat wisata Favorit saya adalah melihat dan mengunjungi Tugu Injil di pulau arborek dan Vihara Pagoda, Sorong.

    Biasanya, saya nyebut nya trip religi. Kapan-kapan kalau mau wisata macam ini ajak-ajak yaa ka 😉

    Suka

  3. saya juga terpukau sama arsitektur gereja ini kak. bbrpa bulan yang lalu berkesempatan buat foto2 brg kf dsna. keren sekali. sungguh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s