Tracking kejutan di kawasan wisata Situ Gunung

Nama kawasan wisata Situ Gunung tentunya tidak asing lagi bagi sebagian besar traveller. Kawasan ini berada di kaki gunung Gede, Sukabumi – Jawa Barat.

Saya sebenarnya sering mendengar tentang tempat wisata ini, namun saya baru tertarik untuk mengunjungi setelah melihat postingan seorang teman di Facebook.

Sebulan sebelum berangkat saya berhasil meracuni 6 orang teman saya untuk bergabung bersama saya berkemah di kawasan wisata Situ Gunung tersebut.Dua minggu sebelum berangkat kami sudah mulai hunting tiket kereta api Pangrango dan ternyata kami hanya dapat kelas ekonomi dan itu pun hanya sekali jalan.

Pada tgl 16 September kami pun berangkat ke Situ Gunung. Stasiun Bogor menjadi meeting point kami, setelah itu kami berjalan kaki ke stasiun Paledang. Disana kami sempat shalat Dzuhur dulu.

Akhirnya sekitar pukul 13.00 WIB kami pun berangkat menggunakan kereta api Pangrango menuju stasiun Cisaat. Didalam kereta kami sempat berkenalan dengan seorang pemuda yang sama sama akan turun di Cisaat. Akhirnya pemuda ini pula yang menolong kami menawarkan angkot hingga ke kawasan wisata Situ Gunung, lumayan lah kami bisa menghemat 30 ribu dari tarif yang ditawarkan angkot sebelumnya.

Sekitar pukul 16.00 WIB, kami sampai ke Situ Gunung, setelah membayar tiket untuk ijin berkemah kami pun mendapatkan tempat berkemah di lokasi yang bernama Harendong

.IMG-20170916-WA0009

Malam hari nya kami isi dengan saling bertukar cerita dari yang horor, nostalgia sampai yang konyol. Saya sempat membuat bajigur ala saya untuk menemani malam kami.

Esok paginya kami pun bersiap siap menuju Situ Gunung. Semangat kami masih full pagi itu. Kami pun berjalan pelan pelan menelusuri jalan berbatuan. Banyak  pengunjung lain yang kami temui tapi rata rata mereka naik motor untuk menuju Situ Gunung.

Akhirnya setelah berjalan selama hampir 1.5 jam sampai lah kami di Danau Situ Gunung. Matahari waktu itu masih malu malu dan juga agak sedikit tertutup awan mendung, tapi saya pribadi merasa semuanya itu malah membuat pemandangan di sekitar danau itu menjadi syahdu..ehm.

FB_IMG_15188853022112159

Setelah hampir 1 jam kami menikmati suasana di danau Situ Gunung, kami pun bermaksud melanjutkan perjalanan kami ke Curug Sawer. Sebelum kami berangkat menuju Curug Sawer, kami berkenalan dengan bapak penjual nasi uduk yang bernama pak Nanang. Beliau menawarkan jasa untuk menjadi penunjuk jalan kami. Beliau menawarkan jalan pintas yang menurut beliau bisa mempercepat waktu tempuh. Akhirnya kami pun menyambut tawaran beliau.

Awalnya kami bersemangat menelusuri jalan setapak dikawasan hutan itu. Namun lama kelamaan jalur yang kami tempuh semakin sulit, tak jarang kami harus merangkak memanjat akar pepohonan. Kadang kami harus memanjat tebing yang tidak begitu tinggi namun terjal. Hal ini sama sekali jauh dari bayangan kami. Untung pak Nanang berbaik hati membantu kami satu persatu melewati semua rintangan itu.

ini lah sebagian photo photo perjuangan kami. Akhirnya setelah tracking selama hampir 2 jam yang diselingi entah berapa kali istirahat sampailah kami ke Curug Sawer.

Pemandangan yang indah dan air pegunungan yang sejuk mampu membayar semua lelah kami.

Mungkin medan tracking di kawasan ini merupakan medan tracking yang biasa saja bagi para junior, tapi bagi kami yang rata rata berumur lebih dari 40 tahun, merupakan hal yang luar biasa melelahkan, terlebih kami sama sekali tidak menyangka akan melalui medan seperti itu dan kami mampu mencapai tujuan kami.

Akhirnya berawal dari Tracking yang mengejutkan di kawasan wisata Situ Gunung itu, mulai lah kami merencanakan untuk hiking hiking santai ketempat wisata lain. Tempat yang ada dalam list kami adalah Gunung Papandayan dan Pulau Peucang. Untuk trip kedepannya kami akan benar benar menyiapkan diri agar tidak menemui hal hal yang mengejutkan lagi.

Oh ya hampir lupa, nama group kami adalah Qiere Bong..artinya Kere tapi Sombong, yang beranggotakan 6 orang wanita dan 1 pria yang berumur lebih dari 40 tahun. Kami harap akan banyak tempat yang bisa kami kunjungi bersama di kemudian hari..

60 tanggapan untuk “Tracking kejutan di kawasan wisata Situ Gunung

1. Bwahahaha… Hidup emak-emak n bapak2!!

Kece bgt sih bun… ahh smoga kita senantiasa diberikan stamina dan kesehatan slalu ya mbak Ifa

Biar bisa tetep nanjak2 sehat.. Aamin

Suka

2. Keren tempatnya buat camcer wkwk, oh ya koreksi sedikit. Situ Gunung ini letaknya di kaki Gunung Gede Pangrango bukan di kaki Gunung Ciremai, kalau Gunung Ciremai letaknya di Kuningan hehehe…

1. Aamiin..mudah mudahan ya dik..
      Tapi selagi muda kalau bisa jelajahi dulu tempat tempat indah di Indonesia..
      Waktu aku muda kesempatan itu terbatas sekali jadi baru sekarang deh pelan pelan mewujudkan obsesi masa muda

Suka

3. Aduh ternyata banyak yang salfok sama nama grupnya gak cuma saya.. haha.. kreatif sekali..
    Semoga sehat selalu kak biar bisa nanjak papandayan.. haha saya suka sekali kesana. Suasananya enak..kalo beruntung bisa ketemu milkyway.. hehe

1. Iya nih, maklumlah emak emak setelah aku posting kok baru sadar kenapa jadi nulis gunung Ciremai ya…
      Waktu dulu malah sering salah sebut jadi Situ Gintung..hadeuh..
      Ayo cepat ke Situ Gunung sebelum situnya pindah ke Ciremai, tambah jauuh…